KONSEP-KONSEP PENTING DALAM SEO, Pahami Apa yang Dibutuhkan Pengguna Mesin Pencari


SEO itu bukan main tebak-tebakan alias untung-untungan lho ya. SEO itu ada metodenya. SEO itu juga bisa diukur. SEO juga bersifat llmiah. Nah karena itulah dalam SEO dikenal beberapa konsep-konsep dasar. Konsep dasar ini perlu dipahami oleh para blogger/pemlik website. Tanpa memahami konsep dasar ini, seorang pengelola website/blog akan bingung dalam menerapkan SEO.

Seperti apa konsep-konsep tersebut? Temukan jawabannya di Bab ini. 

Pahami Apa yang Dibutuhkan Pengguna Mesin Pencari
Pinsip pertama adalah kita harus memahami apa yang-dibutuhkan oleh pengguna mesin pencari. Apa sih yang sebenarnya dibutuhkan oleh pengguna mesin pencari?
Kira-kira apa yang menyebabkan seseorang menggunakan mesin pecari seperti Google?
Jawabannya adalah informasi.

Ya informasi.
Sekarang menggunakan mesin pencari karena ingin mencari informasi.
Ingat sama si Bunga yang kita bahas di Bab lalu?
Bunga menggunakan Google untuk mencari informasi tentang obat peninggi badan.

Karena yang dibutuhkan oleh pengguna adalah informasi, maka tugas kita sebagai seorang blogger nantinya adalah menyajikan informasi.

Informasi seperti apa yang kita sajikan?
Tentu saja informasi yang dibutuhkan oleh pengguna mesin pencari. Bagaimana kita bisa mengetahui informasi seperti apa yang dibutuhkan oleh pengguna mesin pencari?

Untuk bisa mencari tahu apa yang dibutuhkan oleh pengguna mesin pencari kita perlu melakukan yang namanya riset kata kunci (keyword). Riset kata kunci adalah proses mencari tahu (riset) tentang apa yang dibutuhkan (dicari) oleh pengguna mesin pencari.

Bagaimana cara melakukan riset kata kunci? Jawabannya akan kita bahas di sub bab mendatang.

Pahami Apa yang Diinginkan Oleh Google
Jika pengguna mesin pencari membutuhkan informasi, maka apa yang dibutuhkan (diinginkan) oleh Google?

Sama seperti mesin pencari lainnya, tugas Google adalah menyajikan hasil pencarian yang berkaitan dengan kata kunci yang digunakan oleh pengguna. Ingat-ingat lagi kisah Bunga di bab lalu.
Bunga mencari informasi seputar “obat peninggi badan”, maka Google menyajikan hasil pencarian yang berkaitan dengan kata kunci “obat peninggi badan".

Nah, lalu muncul pertanyaan, sebenarnya apa sih yang diinginkan dan diharapkan oleh Google kepada para pengelola website/blog?

Tidak lain tidak bukan yang diinginkan oleh Google adalah konten yang informatif (berkualitas) dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pengguna Google. Google akan menyukai website/blog yang bisa. menyajikan konten yang dibutuhkan oleh pengguna Google.

Jadi, kalau kita ingin Google menampilkan website kita di halaman pertama pencarian, tentu saja kita harus, bisa menyajikan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna Google.

KONSEP-KONSEP PENTING DALAM SEO
Sampai di sini, cukup jelas?
Intinya: baik pengguna Google ataupun Google sendiri butuh konten yang berkualitas. Konten yang berkualitas inilah yang nantinya akan disajikan oleh Google kepada para pengguna mereka.

Lantas, seperti apa konten berkualitas itu?
Konten berkualitas adalah konten yang informatif (bersifat memberi informasi) dan bermanfaat bagi pembaca. Suatu konten bisa dikatakan berkualitas apabila pembaca konten itu bisa memetik manfaat dari konten tersebut. Contoh, kita mempublikasikan artikel di blog. Lalu setelah orang membaca artikel kita tadi, orang tersebut mendapatkan pengetahuan baru. Nah jika itu terjadi maka konten kita termasuk konten yang berkualitas.

Google sangat menyukai konten berkualitas. Oleh sebab itu, ketika kita mengoptimalkan SEO nantinya (khususnya SEO untuk blog), kita perlu rutin menyajikan konten yang berkualitas.

Bagaimana cara membuat konten yang berkualitas? Nanti kita bahas jawabannya. Sabar, tenang, pokoknya kita akan bahas secara mendalam kok.
KONSEP-KONSEP PENTING DALAM SEO, Pahami Apa yang Dibutuhkan Pengguna Mesin Pencari KONSEP-KONSEP PENTING DALAM SEO, Pahami Apa yang Dibutuhkan Pengguna Mesin Pencari Reviewed by syamsul hda on 5:08 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.