Cara Menggabungkan Part File dengan HJSplit

Apabila Anda pernah mendownload file yang secara keseluruhannya mempunyai ukuran yang lumayan besar, yang terbagi atas beberapa bagian dengan menggunakan format urutan misal filedownload.rar.001, filedownload.rar.002 dan seterusnya. Bagi yang belum tahu mungkin agak membingungkan bagaimana caranya menggabungkan beberapa bagian file tersebut ke dalam satu berkas utuh. Nah, kali ini Mas Adhie akan membagikan tutorial bagaimanakah cara menggabungkan beberapa bagian (part) file menjadi satu bagian utuh dengan menggunakan sebuah software yaitu Hjsplit.

HJSplit adalah sebuah program freeware yang populer untuk membagi dan menggabungkan kembali file yang terpecah. Program ini tersedia untuk berbagi sistem operasi seperti Windows, Linux dan berbagai platform lainnya.

Selain fungsi diatas, HJSplit juga dapat berguna untuk backup. Sebuah file misalnya 10 gigabyte dalam ukuran dapat dipecah menjadi bagian-bagian kecil yang kemudian dapat dibakar ke CD, DVD, disalin ke stick USB atau diupload ke layanan backup online.

HJSplit untuk ukuran file Windows dan Linux mendukung lebih dari 100 Gigabytes, dan untuk menggunakan HJSplit tidak perlu menginstall terlebih dahulu karena HJSplit merupakan software yang bersifat portable.

Cara menggabungkan beberapa file dengan menggunakan HJSplit
1. Pertama, silahkan download softwarenya disini, kemudian jalankan
2. Tempatkan bagian-bagian file ke dalam sebuah folder, pastikan part file telah lengkap.

HJSplit
HJSplit
3. Setelah software HJSplit terbuka, klik pada "Join"

Gabungkan Part File dengan HJSplit
4. Kemudian, pada input file masukkan salah satu bagian file yang akan di gabungkan dan pada output, biasanya otomatis akan muncul hasil penggabungan file yang terpecah, klik start untuk memulai.
5. Tunggu hingga proses penggabungan file selesai, dan file pun telah tergabungkan.
Cara Menggabungkan Part File dengan HJSplit Cara Menggabungkan Part File dengan HJSplit Reviewed by Admin on 8:23 AM Rating: 5
Powered by Blogger.