Cara Merubah Warna dan Jenis Font Command Prompt

Command Prompt atau biasa disingkat sebagai CMD adalah perintah dos yang terdapat pada OS windows yang dapat memudahkan user dalam menjelajahi windows baik secara online maupun offline.Salah satu dari sekian banyak manfaat dari command prompt adalah kemampuannya untuk mendeteksi adanya virus, memisahkan virus dengan file yang diinfeksinya, mencari file induk virus hanya dengan perintah.
Dalam keadaan standard warna background Command Prompt adalah hitam dipadu dengan warna putih untuk teks nya. Namun tahukah anda jika warna background maupun warna teks Command Prompt itu bisa diganti sesuai selera anda ? Anda tidak perlu menggunakan trik khusus untuk merubah warna background , warna teks maupun jenis font Command Prompt, namun cukup dengan menggunakan sedikit perintah.

Berikut ini adalah kode warna untuk Command Prompt :
0 = Black
1 = Blue
2 = Green
3 = Aqua
4 = Red
5 = Purple
6 = Yellow
7 = White
8 = Gray
9 = Light Blue
A = Light Green
B = Light Aqua
C = Light Red
D = Light Purple
E = Light Yellow
F = Bright White
Misalkan anda ingin merubah background menjadi biru dan warna dan teks menjadi putih cukup menggunakan perintah berikut ini kemudian klik enter.
color 17
Anda juga bisa merubah jenis teks dan juga layout  Command Prompt sesuai keinginan anda, untuk merubahnya buka Command Prompt : buka All Program > Accesories > Command Prompt atau jika menggunakan Windows Vista dan Windows 7 bisa langsung mengetik CMD untuk Windows XP di Run (Windows+R) kemudian ketik CMD.

Klik kanan pilih properties.

Pada Propeties anda bisa merubah Warna Command Prompt, Layout maupun jenis Font Command Prompt, jika selesai mengedit klik OK maka Command Prompt akan berubah warna seperti yang anda inginkan.
Sekian trik sederhana bagaimana cara merubah warna background , warna teks, layout maupun jenis font Command Prompt, semoga bermanfaat dan selamat mencoba :)

Cara Merubah Warna dan Jenis Font Command Prompt Cara Merubah Warna dan Jenis Font Command Prompt Reviewed by Admin on 5:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.